Kamis, 28 Mei 2015

RPP tematik Bahasa Indonesia, SBdP, PPKn kelas 1 Semester 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK HARIAN
(RPPTH)

Satuan Pendidikan      : SD Negeri Gejayan
Kelas/ Semester           : I/ 2
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia, SBdP, PPKn
Tema/ Sub Tema         : Pengalamanku/Pengalaman di Sekolah
Pembelajaran ke-         : 1
Alokasi Waktu            : 6 x 30 menit

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
Muatan Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
1.
Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.1.1 Bersyukur atas anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia.
2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah
2.3.1 Menunjukkan perilaku santun ketika berinteraksi dengan orang lain.
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1 Mengidentifikasi peran  masing-masing siswa dalam gambar menanam jagung.
3.1.2 Membuat kalimat dari kata yang ada pada teks bacaan.


4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1  Membaca teks peristiwa tentang menanam jagung.

2.
SBdP
1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
1.1.1 Bersyukur atas anugrah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni.
2.1.1 Percaya diri dalam mengekspresikan dan mengolah karya seni.
3.2 Mengenal pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis.
3.2.1 Mengidentifikasi pola irama lagu menggunakan alat musik ritmis (tepuk tangan).
4.8 Memainkan pola irama lagu bertanda birama dua dan tiga dengan alat musik ritmis.
4.8.1 Memainkan pola irama lagu menggunakan alat musik ritmis (tepuk tangan).


3.
PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
1.2.1 Bersyukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas keberagaman lingkungan sekolah dan rumah.
2.3 Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
 2.3.1 Berperilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
3.2.1        Membuat jadwal piket beserta tata tertib dalam merawat tanaman jagung



4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
4.2.1 Melaksanakan tugas piket merawat tanaman


C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Bahasa Indonesia
3.1.1.1       Siswa mampu mengidentifikasi minimal satu peran siswa yang terdapat dalam gambar menanam jagung melalui diskusi kelompok.
3.1.2.1     Siswa mampu membuat minimal tiga kalimat dari beberapa kata melalui kegiatan menanam jagung dengan benar.
4.1.1.1       Siswa mampu membaca teks peristiwa menanam jagung dengan intonasi yang jelas melalui pengamatan gambar dengan jelas.
2.3.1.1       Siswa mampu menunjukkan minimal satu perilaku santun ketika berinteraksi dengan orang lain melalui kegiatan diskusi kelompok.
1.1.1.1       Siswa mampu bersyukur atas anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia dengan menyusun satu do’a melalui kegiatan diskusi kelompok.




2. SBdP
3.2.1.1   Siswa mampu mengidentifikasi pola irama lagu menggunakan alat musik ritmis melalui pengamatan lagu yang guru contohkan dengan benar.
4.8.1.1      Siswa mampu memainkan pola irama lagu menggunakan alat musik ritmis (tepuk tangan) melalui pengamatan lagu yang guru contohkan dengan benar.
2.1.1.1    Siswa mampu menunjukan sikap percaya diri dalam mengekpresikan dan mengolah karya seni melalui lagu menanam jagung.
1.1.1.1    Siswa mampu bersyukur atas anugerah Tuhan Yang Maha Esa melalui keindahan alam.
3. PPKn
3.2.1.1 Siswa mampu membuat jadwal beserta tata tertib dalam merawat tanaman jagung melalui diskusi kelompok dengan benar.
4.2.1.1 Siswa mampu melaksanakan tugas piket merawat tanaman dengan baik melalui tabel pembagian tugas piket dengan tepat.

D.    Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia  : Teks bacaan menanam jagung
SBDP                   :  Lagu “Menanam Jagung”
PPKn                    : Tabel daftar tugas piket

E.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                       : Tematik Integratif dan Saintifik (mengamati,   menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan)
2.      Metode                              : Pengamatan, diskusi, tanya jawab, ceramah

F.  Media Alat Dan Sumber Pembelajaran
1.      Media                    :gambar menanam jagung, cerita peristiwa menanam jagung, lagu “Menanam Jagung, lembar kerja siswa
2.      Alat/ Bahan           : gelas plastik, tanah, biji jagung,
3.      Sumber Belajar      :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Tema V : Pengalamanku,
Subtema III : Pengalaman di Sekolah. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Buku Guru SD/MI Kelas I. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal 64-67.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Tema V : Pengalamanku, Subtema III : Pengalaman di Sekolah. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI kelas I. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal 63-68.

G.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Penggalan 1
a.      Pendahuluan/ Kegiatan Awal (5 menit)
·         Doa, presensi
·         Apersepsi : Guru bertanya jawab dengan siswa mengenai kegiatan menanam jagung.
·         Motivasi    : Siswa dan guru bernyayi lagu “Belajar Menanam Jagung
·         Orientasi   : Guru bertanya jawab dengan siswa terkait lagu yang                                    dinyayikan.
                        “Apa isi dari lagu tersebut?”
                              Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

b.      Kegiatan Inti  (90 menit)
-          Siswa mengamati gambar dan teks bacaan yang ditayangkan oleh guru mengenai kegiatan menanam jagung (mengamati)
-          Guru bertanya kepada siswa “Tahukah kalian kegiatan apa yang dilakukan pada gambar tersebut?” (menanya)
-          Siswa secara individu membacakan teks menanam jagung di depan kelas.
-          Siswa secara berkelompok mengidentifikasikan kata-kata yang terdapat pada lembar kerja siswa. (menalar)
-          Siswa membuat kalimat dengan menggunakan kata-kata yang terdapat pada lembar kerja siswa.(mencoba)
-          Siswa membacakan kalimat-kalimat yang telah mereka buat di depan kelas. (menyajikan)
-          Siswa mengamati lagu dan gerakan tepuk tangan yang dicontohkan oleh guru. (mengamati)
-          Guru bertanya kepada siswa “Tahukah pola irama tangan yang sudah dicontohkan?. (menanya)
-          Siswa mengidentifikasikan bagaimana langkah-langkah menanam jagung yang terdapat pada lagu yang dinyanyikan. (menalar)
-          Siswa secara berkelompok memperagakan bagaimana langkah-langkah menanam jagung di dalam kelompok. (mencoba)
-          Melalui perwakilan kelompok, siswa memperagakan langkah-langkah menanam jagung di depan kelas. (mengkomunikasikan)

c.       Kegiatan Akhir (3 menit)
-          Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk beristirahat
-          Guru memberikan nasehat kepada siswa untuk berhati-hati selama istirahat
-          Doa istirahat

Penggalan 2

a.      Pendahuluan/ Kegiatan Awal (5 menit)
-          Doa setelah istirahat
-          Guru menanyakan kegiatan siswa selama istirahat
-          Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mempersiapkan dirinya dalam menerima pelajaran.

b.      Kegiatan Inti (47 menit)
-          Siswa dari masing-masing kelompok menanggapi hasil kelompok lain mengenai jagung yang ditanam pada pembelajaran sebelumnya.
-          siswa mengamati gambar tentang bagaimana cara merawat jagung dengan tata cara yang benar. (mengamati)
-          Guru bertanya kepada siswa bagaimana cara kita merawat tanaman jagung yang sesuai dengan gambar yang telah diamati oleh siswa. (menanya)
-          Siswa didalam kelompok mengidentifikasikan bagaimana langkah-langkah cara merawat tanaman jagung dengan benar. (menalar)
-          Siswa di dalam kelompok membuat jadwal piket untuk merawat tanaman jagung yang sudah mereka tanam sebelumnya. (mencoba)
-          Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah dilakukan dan makna dari pembelajaran yang dapat diambil. (menyimpulkan)
-          Siswa meletakkan hasil pekerjaannya (tanaman jagung) didepan kelas. (menyajikan)
-          Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya. Jika ada siswa yang masih mengalami kesalahan dalam konsep, maka guru membenarkan. Namun, jika sudah benar, maka guru memberikan penguatan. (mengkomunikasikan untuk memberi balikan)

c.       Kegiatan Penutup (30 menit)
-          Siswa secara individu mengerjakan lembar kerja yang telah dibagikan oleh guru sesuai dengan gambar dan teks bacaan yang ditayangkan oleh guru.
-          Guru merangkum kegiatan pembelajaran dari awal dengan meminta siswa menuliskan kesimpulan pada buku catatan mereka masing-masing.
-          Siswa melakukan refleksi
a.       Apa yang kamu pelajari hari ini?
b.      Bagaimana perasaanmu belajar hari ini?
c.       Apakah ada kesulitan yang kamu rasakan?
-          Siswa mengerjakan soal post test yang telah dibagikan.
-          Guru memberikan tindak lanjut pada siswa untuk menanam dan memelihara serta mencatat perkembangan tanaman setiap harinya kedalam buku catatan.
-          Doa penutup, salam

H.                   Penilaian
1.      Jenis/ teknik penilaian   
Aspek Penilaian
Jenis
Teknik
Pengetahuan
Tes
Tertulis
Keterampilan
Non tes
Produk
Sikap
Non tes
Penilaian diri
2.      Instrumen : lembar kerja siswa serta tugas dan rubrik penilaian (terlampir)
3.      Pedoman penskoran : terlampir
I.       Lampiran-lampiran
-          Penilaian setiap muatan pelajaran
-          Lembar kerja siswa
-          Lagu


PENILAIAN SETIAP MUATAN PELAJARAN
PERTEMUAN 1
A.    Muatan Pelajaran     : Bahasa Indonesia
1.      A. Pengetahuan
Indikator
3.1.1 Mengidentifikasi peran  masing-masing siswa dalam gambar menanam jagung.

Teknik Penilaian

Tes tertulis
Instrumen
Tugas 1
1.      Siapa yang bertugas membuat lubang di tanah?
2.      Siapa yang bertugas memasukkan benih ke lubang?

       
1.      B. Pengetahuan
Indikator
3.1.2 Membuat kalimat dari kata yang ada pada teks bacaan.
Teknik Penilaian

Tes tertulis
Instrumen
Tugas 2
Tulislah kalimat dengan menggunakan kata-kata berikut
1.      Jagung   :
2.      Pupuk    :
3.      Benih     :
4.      Kebun   :
5.      Subur    :

Kunci jawaban :
Tugas 1
1.      Beni
2.      Dayu

Tugas 2
Kalimat terdapat unsur-unsur SPOK, misal jagung : Budi menanam jagung di taman.



Rubik penilaian dan pedoman penskoran


Tugas
Kriteria Penilaian
Skor
Tugas 1
Siswa mampu menjawab pertanyaan mengenai peran yang terdapat dalam gambar dengan benar
4
Tugas 2
Siswa mampu membuat kalimat yang memmuat unsur SPOK
10

2.      Keterampilan
Indikator
4.1.1  Membaca teks peristiwa tentang menanam jagung.

Teknik Penilaian

Kinerja
Instrumen
Bacalah teks tentang menanam jagung dengan teliti dan intonasi yang jelas!


No
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Kurang
1
1
Intonasi
Siswa mampu membaca teks bacaan dengan menggunakan intonasi yang sangat jelas.
Siswa mampu membaca teks bacaan dengan menggunakan intonasi yang cukup jelas.
Siswa mampu membaca teks bacaan dengan menggunakan intonasi yang jelas.
Siswa mampu membaca teks bacaan dengan menggunakan intonasi yang kurang jelas.
2
Ketelitian
Siswa mampu membaca teks bacaan dengan memperhatikan tanda baca dengan sangat teliti.
Siswa mampu membaca teks bacaan dengan memperhatikan tanda baca dengan cukup teliti.
Siswa mampu membaca teks bacaan dengan memperhatikan tanda baca dengan  teliti.
Siswa mampu membaca teks bacaan dengan memperhatikan tanda baca dengan kurang teliti.

3.      Sikap Sosial

Indikator
2.3.1 Menunjukkan perilaku santun ketika berinteraksi dengan orang lain.
Teknik Penilaian

Penilaian diri
Instrumen
Tugas
Berilah tanda cek (Ö) sesuai dengan apa yang ada pada dirimu!

Format Penilaian Diri
Nama siswa : .................                                                        Kelas/No.Absen:.......................
Berilah tanda cek (Ö) sesuai dengan apa yang ada pada dirimu!
No
Aspek Penilaian
Ya
Tidak
1
Saya ketika melakukan diskusi bersama teman-teman satu kelompok bersikap santun.


2
Saya berbicara santun dengan teman-teman dan guru dengan baik.


3
Saya dapat menggenal anggota kelompok dengan santun



Keterangan:
Jawaban “ya” = skor 1, jawaban “tidak” = skor 2

Rubrik penilaian dan pedoman penskoran
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Kurang
Sikap santun
Terdapat  3 aspek didalam penilaian
Terdapat 2 aspek didalam penilaian
Terdapat  1 aspek didalam penilaian 
Tidak terdapat didalam aspek penilaian

4.      Sikap Spiritual
Indikator
1.1.1 Bersyukur atas anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia.
Teknik Penilaian

Penilaian Produk
Instrumen
Buatlah doa syukur atas diberikan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar.



Rubrik penilaian sikap spritual dan pedoman penskoran
Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Kurang
1
Isi doa
Doa mengandung beberapa komponen, yaitu ucapan rasa syukur terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, memiliki harapan yang ingin disampaikan, kalimat yang tersusun menggunakan bahasa Indonesia yang benar.
Memenuhi 2 dari 3 komponen.
Memenuhi 1 dari 4 komponen.
Tidak memenuhi 3 dari komponen yang disebutkan.
                                                     
Yogyakarta, ……………………....2014

          Dosen Pengampu                                                                       Tim Simulasi



                                                                           Tri Nur Khasanah
                                                                          Adiktia Kurniawati
       Galih K.,S.Pd.,M.Pd                                                              


























Tidak ada komentar:

Posting Komentar