RENCANA
PELAKSANAA PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SD N Gejayan
Kelas/Semester
: IV/1 (Satu)
Tema/Subtema/PB
: Pahlawanku/Perjuangan Para Pahlawan/Lima
Alokasi
Waktu : 1 X pertemuan (6
x 35 menit)
A. Kompetensi
Inti (KI)
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
|
No
|
Muatan
Pembelajaran
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
|
1
|
IPS
|
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan
waktu dengan segala perubahannya.
|
1.1.1 Bersyukur terhadap
Tuhan Yang Maha Esa dengan segala
waktu dan perubahannya.
|
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin bertanggung
jawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh
tokoh-tokoh pada masa Hindu Buddha dan Islam dalam kehidupannya sekarang.
|
2.1.1 Menunjukkan sikap percaya
diri dalam menceritakan kembali perjuangan tokoh.
|
||
|
3.2 Memahami manusia, perubahan dan keberlanjutan dalam
waktu pada masa praaksara, Hindu Buddha, Islam dalam aspek pemerintah,
sosial, ekonomi, dan pendidikan.
|
3.2.1 Menjelaskan sejarah perjuangan
dari tokoh yang dipilihnya.
|
||
|
4.2 Merangkum hasil pengamatan dan menceritakan manusia, perubahan dan
keberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara, Hindu Buddha, Islam dalam
aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan.
|
4.2.1 Menyebutkan hal
baik yang bisa dicontoh dari perjuangan tokoh.
|
||
|
2
|
SBdP
|
1.1. Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya
kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan.
|
1.1.1 Bersyukur
kepada Tuhan Yang Maha Esa atas ciri
khas keindahan karya dan karya kreatif
masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan.
|
|
2.2
Menunjukkan sikap berani mengekspresikan
diri dalam berkarya seni.
|
2.2.1 Berani mengekspresikan diri dalam karya seni.
|
||
|
3.5 Memahami cerita terkait situs-situs budaya baik benda
maupun tak benda di Indonesia dengan menggunakan bahasa daerah.
|
3.5.1 Menemukan informasi tentang tokoh Hindu, Buddha,
dan Islam.
|
||
|
4.17 Menceritakan cerita terkait situs-situs budaya
baik benda maupun tak benda di Indonesia dengan menggunakan bahasa daerah.
|
4.17.1 Menceritakan tokoh raja dari masa
Hindu, Buddha, dan Islam dengan menggunakan bahasa
daerah.
|
||
|
3
|
Matematika
|
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya.
|
1.1.1
Menjalankan ajaran agama sesuai dengan yang dianutnya.
|
|
2.4 Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai
pendapat dan karya teman dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
|
2.4.1 Menunjukkan sikap terbuka dan menghargai pendapat dan
karya teman dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
|
||
|
3.7 Menentukan hasil operasi
penjumlahan dan pengurangan
bilangan desimal
|
3.7.1 Menunjukkan cara mengubah
bilangan pecahan menjadi persen dan sebaliknya.
|
||
|
4.2 Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan persen.
|
4.2.1 Mengubah bilangan pecahan
menjadi persen dan sebaliknya.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
a) IPS
1.2.1.1 Dengan
siswa menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa, siswa mampu
bersyukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
2.3.1.1 Siswa mampu menunjukkan sikap percaya diri
melalui memberikan ulasan tentang pengaruh perjuangan tokoh yang dipilih sesuai
dengan data yang benar.
3.1.1.1 Siswa mampu menjelaskan sejarah perjuangan tokoh yang
dipilihnya melalui kegiatan mencari informasi dalam diskusi kelompok.
4.2.1.1 Siswa mampu
menyebutkan minimal tiga hal baik yang bisa dicontoh dari perjuangan tokoh
melalui diskusi kelompok.
b). SBdP
1.1.1.1
Siswa mampu
bersyukur atas anugerah Tuhan Yang Maha Esa melalui keindahan
alam dan karya seni.
2.2.1.1Siswa
mampu mengekspresikan diri dalam karya seni melalui kegiatan menggambar salah
satu tokoh Hindu, Budha, dan Islam
3.5.1.1 Siswa mampu menemukan informasi tentang tokoh
Hindu, Buddha, dan Islam melalui kegiatan melukis salah satu tokoh Hindu,
Budha,dan Islam.
4.17.1 Siswa mampu menceritakan tokoh raja dari masa
Hindu, Buddha, dan Islam dengan menggunakan
bahasa daerah melalui kegiatan diskusi kelompok.
c). Matematika
1.1.1.1 Dengan
menerima dan menjalankan agama yang dianutnya,siswa dapat menjalankan agama
dengan baik.
2.2.1.1 Siswa mampu menunjukkan sikap terbuka dan menghargai pendapat dan karya
teman melalui kegiatan diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.7.1.1 Siswa mampu
menunjukkan cara mengubah bilangan pecahan menjadi persen dan sebaliknya
melalui kegiatan diskusi kelompok.
4.2.1.1 Siswa mampu mengubah bilangan pecahan menjadi
persen dan sebaliknya melalui kegiatan diskusi kelompok dengan benar.
D. Materi
Pembelajaran
1. IPS : Mengetahui pemerintahan Raja-raja pada Masa
Kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam.
2. SBdP
: Mengetahui perjuangan raja-raja pada masa Kerajaan Hindu,
Budha,dan Islam dan dampaknya bagi rakyat Indonesia.
3. Matematika
: Mengetahui cara mengubah bilangan pecahan ke bentuk
persen
E. Metode
dan Pendekatan Pembelajaran
1. Metode :
Penugasan, Tanya jawab, Diskusi, dan Ceramah.
2. Pendekatan
:Tematik intergratif, saintifik (mengamati,
menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan), dan Teori Operant Conditioning Skinner ( reward dan punishment)
F. Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. Gambar Raja Purnawarman, Raja Hayam Wuruk, Sultan
Hasanuddin,dan Sultan Iskandar Muda
b. Puzzle
c. Buku siswa
d. Lembar kerja siswa
2. Alat
a. Kertas Karton
b. Spidol
3. Sumber
:
Afriki dkk. 2013. Buku Guru Tema 5“Pahlawanku”.
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.
Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Afriki dkk. 2013. Buku Siswa Tema 5 “Pahlawanku”.
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.
Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Tahap
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
|
PENGGALAN
1
|
|
|
|
Pendahuluan
|
1. Guru
membuka pelajaran dengan menyapa siswa
dan menanyakan kabar mereka.
2. Guru
meminta salah satu siswa untuk memimpin doa sebelum dimulai pembelajaran.
3. Guru
menanya siswa :
a.
Apakah kalian
mengetahui pangeran diponegoro?
b.
Siapakah pangeran diponegoro?
4. Guru
memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran hari
ini.
5. Guru
mengajak siswa untuk bernyanyi bersama sebelum memulai pembelajaran.
Lirik lagu:
“Pahlawanku”
Nada : Guruku
Harus selalu semangat
Lanjutkan pelajaran
Mengenali pahlawan kerajaan
kita perlu mengenal untuk
Memahami betapa berartinya pahlawan.....
Pahlawan kerajaan Hindu, Budha, dan Islam
Mari kita mengenal mereka
Jangan kau lupakan jasa-jasa mereka
Pahlawan terima kasihku
6.
Guru menanya siswa :
a.
Dari lagu yang telah
kita nyanyikan, apa isi dari lagu tersebut?
7.
Guru
mensosialisasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pembelajaran saat
ini.
|
10
menit
|
|
Inti
|
1. Guru
dan siswa membuat peraturan dalam belajar, yang mana siswa yang mengikuti
pembelajaran hari ini dengan baik akan mendapat hadiah (reward) berupa
bintang kepada siswa yang nantinya akan ditukar dengan hadiah. Tetapi bila
siswa melanggar peraturan yang telah disepakati bersama maka siswa akan
mendapat hukuman berupa tidak akan mendapatkan hadiah.
Peraturan :
a.
Ketika guru
menerangkan, siswa mendengarkan dan memperhatikan.
b.
Ketika salah satu
teman berbicara, maka teman yang lain mendengarkan.
c.
Siswa mengerjakan
tugas dengan sungguh-sungguh, cermat, teliti, dan disiplin.
d.
Siswa yang menjawab
pertanyaan serta aktif dalam proses pembelajaran akan mendapatkan point berupa bintang yang kemudian akan
ditukarkan dengan hadiah di akhir pembelajaran.
e.
Tidak boleh keluar
kelas tanpa ijin terlebih dahulu.
f.
Tidak boleh bergurau
ketika menerangkan.
2. Guru
memperlihatkan gambar pahlawan Ir. Soekarno, Ki Hajar Dewantara, Sultan
hasanuddin, Sultan Iskandar Muda, Raja Purnawarman, Raja Hayam Wuruk.
3. Guru
meminta siswa untuk mengamati gambar. (Mengamati)
4. Guru
bertanya kepada siswa :
a. Siapa
nama-nama gambar pahlawan tersebut ?
b. Apakah
kalian mengetahui bahwa pahlawan ini memiliki perbedaan ?
c. Mengapa
pahlawan tersebut dikatakan berbeda?. (Menanya)
5. Guru memberikan bintang atau point untuk anak yang bisa
menjawab.
6. Guru
membagi siswa dalam beberapa kelompok.
7. Guru
membagi gambar raja-raja pada masa pemerintahan Hindu, Budha, dan Islam berupa
puzzle kepada setiap kelompok.
8. Guru
meminta siswa untuk menyusun puzzle yang sudah dibagikan. (Mencoba)
9. Guru
meminta siswa mengamati gambar yang telah disusun. (Mengamati)
10. Guru
menanya siswa ;
a. Siapa
nama Raja pada gambar yang telah disusun? (Menanya)
11. Guru memberi bintang atau point untuk siswa yang bisa
menjawab.
12. Guru
membagi lembar referensi dan lembar kerja siswa.
13. Guru
mengingatkan siswa untuk membaca referensi yang berisi materi tentang Masa Pemerintahan Raja-Raja pada Masa
Kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam. (Mengamati)
14. Guru
meminta siswa untuk menuliskan 3 pertanyaan mengenai gambar raja-raja pada
masa pemerintahan Hindu, Budha, dan Islam yang sudah dibagikan sesuai
kelompok. (Mencoba)
15. Guru
meminta siswa mendiskusikan pertanyaan tersebut. (Menalar)
16. Guru
meminta siswa untuk menuliskan jawaban dari pertanyaan tersebut ke dalam
lembar kerja siswa. (Mencoba)
17. Guru
meminta siswa untuk mengumpulkan lembar kerja siswa yang telah dikerjakan.
18. Guru
membagikan lembar kerja siswa yang berisi pertanyaan-pertanyaan yaitu :
a. Perjuangan
apa yang dilakukan oleh raja-raja tersebut untuk rakyatnya?
b. Apa
dampak perjuangan tersebut bagi rakyat?
c. Siapa
raja yang paling lama memerintah? Menurutmu, mengapa raja tersebut lama
memerintah?
19. Guru
meminta siswa untuk menuliskan jawaban di lembar kerja siswa yang sudah
dibagikan.
20. Guru
meminta perwakilan kelompok untuk membacakan hasil jawaban dan di depan kelas. (Mengkomunikasikan)
21. Guru memberi bintang atau point untuk anak yang mau
maju dan mempresentasikan jawaban di depan kelas.
|
65 menit
|
|
Penutup
|
1. Bersama-sama siswa membuat kesimpulan hasil belajar
dari materi yang sudah dipelajari
2. Siswa
beristirahat.
|
5
menit
|
|
Istirahat
|
||
|
Awal
|
1. Guru mengkondisikan siswa dengan tepuk rapi.
2. Guru menanyakan kegiatan siswa selama istirahat.
3. Menginformasikan materi selanjutnya yang akan
dipelajari
|
5
menit
|
|
Inti
|
PENGGALAN 2
1. Guru
membagi siswa dalam beberapa kelompok.
2. Guru
meminta setiap kelompok untuk mengamati gambar dan memilih salah satu
tokoh raja-raja pada masa pemerintahan Hindhu, Budha, dan Islam yang disukai.(Mengamati)
3. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
mengenai gambar tersebut. (Menanya)
4. Guru
membagikan lembar kerja siswa dan referensi.
5. Guru
mengingatkan siswa untuk membaca referensi yang berisi materi tentang Masa Pemerintahan Raja-Raja pada Masa
Kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam. (Mengamati)
6. Guru
meminta siswa untuk menuliskan :
a. Nama
raja
b. Masa
pemerintahan
c. Wilayah
kekuasaan
d. Perjuangan
yang dilakukan
e. Dampak
perjuangan bagi rakyat
f. Hal
baik yang dapat dicontoh
g. Alasanmu
memilih raja tersebut
7. Guru
meminta siswa untuk mendiskusikan pertanyaan tersebut dalam kelompok. (Menalar)
8. Gruru
meminta siswa untuk menuliskan jawaban pada lembar kerja siswa yang sudah
dibagikan. (Mencoba)
9. Guru
meminta siswa untuk membacakan hasil jawaban di depan kelas.(Mengkomunikasikan)
10. Guru memberikan bintang atau point kepada siswa yang
telah mempresentasikan jawaban di depan kelas.
|
50
menit
|
|
Penutup
|
1. Bersama-sama siswa membuat kesimpulan hasil belajar
dari materi yang sudah dipelajari.
|
5
Menit
|
|
Istirahat
|
||
|
Awal
|
PENGGALAN 3
1. Guru menanyakan kegiatan siswa selama istirahat
2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
mempersiapkan dirinya dalam menerima pelajaran.
3. Siswa
medengarkan penjelasan guru tentang kegiatan pembelajaran selanjutnya.
|
5 menit
|
|
Inti
|
1. Guru membagi siswa
dalam beberapa kelompok.
2. Guru
meminta siswa untuk membaca kembali referensi yang sudah dibagikan. (Mengamati)
3. Guru
meminta siswa untuk mencari masa atau lamanya waktu memerintah Raja pada masa
kerajaan Hindu, Budha, dan
Islam yaitu Raja Hayam Wuruk, Sultan Hasanuddin, Sultan Iskandar Muda, dan Raja Purnawarman. (Mencoba)
4. Guru
meminta siswa untuk mencatat mengenai masa atau lamanya waktu memerintah raja pada
masa pemerintahan Hindu, Budha, dan Islam dalam buku catatan. (Mencoba)
5. Guru
meminta siswa untuk membandingkan mana yang paling lama memerintah. (Menalar)
6. Guru bertanya kepada siswa :
a. Siapa raja yang paling lama memerintah? (Menanya)
7. Guru
membagikan lembar kerja siswa.
8. Guru
meminta siswa untuk mendiskusikan pertanyaan yang terdapat dalam lembar kerja
siswa. (Menalar)
9. Guru
meminta siswa untuk menuliskan jawaban dalam lembar kerja siswa yang sudah
dibagikan. (Mencoba)
10. Guru
membagi gambar kotak-kotak yang jumlah kotak-kotaknya seratus yang terbuat
dari kertas karton dan dua puluh lima dari kotak-kotak tersebut sudah warnai atau diarsir dengan menggunakan spidol.
11. Berdasarkan
gambar kotak-kotak yang sudah dibagikan, guru meminta siswa untuk menunjukkan
cara bagaimana mengubah pecahan biasa ke bentuk persen sesuai dengan lembar
kerja yang sudah dibagikan.
12. Guru
meminta siswa untuk mendiskusikan pertanyaan tersebut dalam kelompok. (Menalar)
13. Siswa
mengomunikasikan jawaban mereka di depan kelas. (Mengkomunikasikan)
14. Guru memberikan bintang atau point kepada siswa yang
telah mempresentasikan jawaban di depan kelas.
15. Point atau bintang yang sudah didapatkan oleh siswa
kemudian ditukarkan kepada guru untuk mendapat hadiah.
|
55 menit
|
|
Penutup
|
1. Guru
melakukan evaluasi tanya jawab dengan guru sambil mengkonfirmasi kebenaran
dengan jawaban siswa dan menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan.
2. Guru
meminta siswa untuk bekerja sama dengan orang tua untuk menemukan dan
menuliskan bilangan persen ke dalam buku catatan.
3. Siswa
menuliskan refleksi berkaitan
dengan pembelajaran yang telah dilakukan.
a. Apa
yang kamu pelajari hari ini ?
b. Bagaiamana
perasaanmu belajar hari ini?
c. Apakah
ada kesulitan yang kamu rasakan?
4. Pembelajaran
diakhiri dengan berdoa yang dipimpin oleh salah satu siswa.
5. Siswa
menjawab salam dari guru.
|
10 menit
|
A. Penilaian
1.
Jenis
Penilaian
|
Aspek Penilaian
|
Jenis
|
Teknik
|
|
Pengetahuan
|
Tes
|
Tertulis
|
|
Keterampilan
|
Tes
|
Lisan
|
|
Sikap
|
Non
tes
|
Penilaian
diri
|
2.
Instrumen:soal test dan kunci
jawaban dan rubrik penilaian
3.
Pedoman penskoran.
B. Lampiran-lampiran
1.
Penilaian setiap muatan pelajaran.
2.
Materi pembelajaran
3.
Lembar kerja siswa
Yogyakarta, November 2014
Mengetahui,
Dosen
Pembimbing Mahasiswa
Laurensia
Aptik Evanjeli, S.Psi.M.A. Tri Nur Khasanah
PENILAIAN SETIAP MUATAN
PELAJARAN
A.
Muatan
Pelajaran : IPS
1.
Pengetahuan
|
Indikator
|
3.2.1 Menjelaskan sejarah perjuangan dari tokoh yang dipilihnya.
|
|
Teknik
Penilaian
|
Tes tertulis
|
|
Instrumen
|
Soal
1. Tuliskan minimal 3 pertanyaan tentang tokoh raja yang
kamu pilih !
|
Kunci Jawaban
1.
Misalnya Sultan
Hasanuddin
a.
Dimana Sultan
Hasanuddin dilahirkan?
b.
Siapa nama asli
Sultan Hasanuddin?
c.
Kenapa Belanda
memberi gelar kepada Sultan Hasanuddin sebagai de
Haav van de Oesten alias Ayam Jantan dari Timur?
d.
Kapan Sultan Hasanuddin kembali melakukan serangan
terhadap Belanda?
e.
Kapan Sultan Hasanuddin wafat?
Rubrik
Penilaian
|
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Kurang
1
|
|
1.
|
Kelengkapan dan kesesuaian.
|
Mampu membuat 5 pertanyaan dengan benar.
|
Mampu membuat 4 pertanyaan dengan benar.
|
Mampu membuat 3 pertanyaan dengan benar.
|
Mampu membuat 2 pertanyaan dengan benar
|
2.
Keterampilan
|
Indikator
|
4.2.1 Menyebutkan
hal baik yang bisa dicontoh dari
perjuangan tokoh
|
|
Teknik
Penilaian
|
Lisan
|
|
Instrumen
|
Sebutkan hal baik yang bisa di contoh dari perjuangan
tokoh !
|
Rubrik Penilaian dan Pedoman
Penskoran
|
No
|
Aspek
|
Baik
sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Kurang
1
|
|
1.
|
Menyebutkan hal baik yang dapat dicontoh dari tokoh
raja pada masa Kerajaan Hindu, Budha, dan Islam
|
Siswa dapat menyebutkan
4 hal baik yang dapat dicontoh dari tokoh dengan benar
|
Siswa dapat menyebutkan 3 hal baik yang dapat dicontoh
dari tokoh dengan benar.
|
Siswa dapat menyebutkan 2 hal baik yang dapat dicontoh
dari tokoh dengan benar.
|
Siswa dapat menyebutkan 2 hal baik yang dapat dicontoh
dari tokoh dengan benar.
|
3.
Sikap
Sosial/Individu
|
Indikator
|
2.1.1 Menunjukkan sikap percaya
diri dan tanggung jawab dalam
menceritakan kembali perjuangan tokoh.
|
|
Teknik
Penilaian
|
Penilaian diri
|
|
Instrumen
|
Berilah tanda (√) sesuai dengan apa yang ada pada dirimu!
|
Format Penilaian
Diri
Nama siswa: …………….. Kelas/
No.Absen:…../……
Berilah tanda cek (√) sesuai
dengan kenyataan yang ada pada dirimu!
|
No
|
Aspek
Penilaian
|
Ya
|
Tidak
|
|
Sikap teliti
|
|||
|
1
|
Saya percaya diri ketika menceritakan kembali perjuangan
tokoh
|
|
|
|
2
|
Saya percaya diri dalam mengerjakan tugas
|
|
|
|
3
|
Saya percaya diri dalam melakukan sesuatu hal
|
|
|
Keterangan:
Jawaban
“ya” = skor 1, jawaban
“tidak” = skor 0
Rubrik penilaian sikap
sosial/ individu
|
Kriteria
|
Baik
sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Kurang
1
|
|
Sikap teliti
|
Memenuhi 3 aspek penilaian
|
Memenuhi 2 aspek penilaian
|
Memenuhi 1 aspek penilaian
|
Tidak terdapat dalam aspek
penilaian.
|
1.
Sikap
Spiritual
|
Indikator
|
1.1.1 Bersyukur terhadap
Tuhan Yang Maha Esa dengan segala
waktu dan perubahannya.
|
|
Teknik
Penilaian
|
Penilaian produk
|
|
Instrumen
|
Buatlah doa syukur atas kebesaran Tuhan Yang Maha Esa mengenai perjuangan tokoh raja pada masa
Kerajaan Hindu, Budha, dan Islam.
|
Rubrik penilaian sikap
spiritual dan pedoman penskoran
|
Kriteria
|
Baik
sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Kurang
1
|
|
Isi doa
|
Memenuhi 3 komponen (Isi
doa mengandung ucapan syukur kebesaran Tuhan, ada harapan yang disampaikan,
doa terdiri atas sama dengan atau lebih dari 3 kalimat)
|
Memenuhi 2 dari 3 komponen
|
Memenuhi 1 dari 3 komponen
|
Tidak memenuhi 3 dari
komponen yang disebutkan.
|
B.
Muatan Pembelajaran : SBdP
Informasi tentang perjuangan tokoh
|
No
|
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
|
1
|
Siswa mampu menyebutkan nama tokoh berdasarkan gambar
|
|
|
|
2
|
Siswa mampu menuliskan informasi tentnag perjuangan tokoh raja pada masa
kerajaan Hindu, Budha, dan Islam
|
|
|
|
3
|
Siswa mampu menceritakan kembali perjuangan tokoh raja pada masa
kerajaan Hindu, Budha, dan Islam
|
|
|
C.
Muatan pembelajaran : Matematika
Mengetahui cara mengubah pecahan biasa ke bentuk persen
A.
Matematika
|
Aspek
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
|
3
|
2
|
1
|
|
|
Isi dan pengetahuan
|
Menentukan pecahan setelah membaca
dan mengamati teks
dengan benar dan dapat menunjukkan cara mengubah bilangan pecahan ke bentuk
persen.
|
Menentukan pecahan setelah membaca
dan mengamati teks
dengan benar tetapi tidak dapat menunjukkan cara bagaimana mengubah pecahan
biasa ke bentuk persen.
|
Menentukan pecahan setelah membaca
dan mengamati teks
dengan tidak tepat dan tidak dapat menunjukkan cara bagaimana cara mengubah
pecahan biasa ke bentuk persen.
|
|
Keterampilan
|
Siswa mampu mengubah pecahan biasa ke bentuk persen dengan benar.
|
Siswa mampu mengubah pecahan biasa ke bentuk persen dengan kurang benar.
|
Siswa mampu mengubah pecahan biasa ke bentuk persen dengan tidak benar.
|
|
Sikap
|
Siswa dapat menunjukkan
sikap terbuka dan menghargai pendapat dan karya teman melalui kegiatan diskusi
kelompok.
|
Siswa kurang dapat
menunjukkan sikap terbuka dan menghargai pendapat dan karya teman melalui kegiatan diskusi
kelompok.
|
Siswa kurang dapat
menunjukkan sikap terbuka dan menghargai pendapat dan karya teman melalui
kegiatan diskusi kelompok.
|
|
Spiritual
|
Siswa mampu bersyukur telah dapat menunjukkan cara bagaimana mengubah
pecahan biasa ke bentuk persen.
|
Siswa kurang bersyukur telah dapat menunjukkan cara bagaimana mengubah pecahan
biasa ke bentuk persen.
|
Siswa tidak bersyukur telah dapat
menunjukkan bagaimana cara mengubah pecahan biasa ke bentuk persen.
|
babyliss pro titanium - Stainless Steel | Stainless Steel - Titanium Arts
BalasHapusThis product is currently 출장마사지 out of stock. Due to the limited titanium bicycle availability of items titanium razor in our revlon titanium max edition inventory, it is titanium rimless glasses currently not possible to find what you