RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD…
Kelas/Semester : IV/1 (Satu)
Tema/Subtema/PB : Pahlawanku/Perjuangan Para Pahlawan/4
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (6 X 35 menit)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak bermain dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
No
|
Muatan Pembelajaran
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1
|
B. Indonesia
|
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa
Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar
untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
|
1.1.1
Bersyukur kepada Tuhan YME.
|
2.5 Memiliki perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan
sejarah dan perkembangan Hindu-Buddha di Indonesia melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia.
|
2.5.1 Memiliki perilaku jujur dan santun dalam menghormati
peninggalan sejarah.
|
||
3.5 Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai
peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Buddha di Indonesia dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku.
|
3.5.1 Mengidentifikasi informasi penting tentang teks perjuangan
Sultan Hasanuddin.
|
||
4.5 Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai
peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Buddha di Indonesia secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata
baku.
|
4.5.1 Memberikan pendapat tentang perjuangan Sultan Hassanuddin
dalam bentuk ulasan.
|
||
2
|
IPA
|
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan
dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang
dianutnya.
|
1.1.1 Memiliki kesadaran dalam hubungan keteraturan dan
kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan.
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggungjawab; terbuka;
dan peduli lingkungan) dalam aktifitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
|
2.1.1 Memiliki perilaku ilmiah dalam aktifitas sehari-hari.
|
||
3.6 Memahami sifat-sifat cahaya melalui pengamatan dan
mendeskripsikan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat
cahaya setelah melakukan percobaan.
|
||
3
|
SBdP
|
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif
masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan.
|
1.1.1
Memiliki kekaguman terhadap ciri
khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai
anugerah Tuhan.
|
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya
seni.
|
2.1.1
Memiliki sikap berani mengekspresikan
diri dalam berkarya seni.
|
||
3.2 Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada
dengan gerak tangan.
|
3.2.1
Membedakan panjang pendek bunyi
dan tinggi-rendah nada dengan menggunakan gerakan tangan dalam menyanyikan
salah satu lagu nasional.
|
||
4.7 Membedakan panjang pendek bunyi dan tinggi-rendah nada dengan
menggunakan gerakan tangan dalam menyanyikan salah satu lagu nasional.
|
4.7.1
Menyanyikan salah satu lagu
nasional dengan memperhatikan solmisasinya.
|
.
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan
membaca dan mendiskusikan teks, siswa mampu mengidentifikasi informasi penting
tentang perjuangan Sultan Hasanuddin dengan rasa ingin tahu.
2.
Dengan
membaca dan mendiskusikan teks, siswa mampu memberikan pendapat dalam bentuk
ulasan berdasarkan ketentuan pada bagan dengan bertanggung jawab dan percaya
diri.
3.
Dengan
berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi penerapan sifat-sifat cahaya yang
ditemui dalam kehidupan sehari-hari dengan benar dan percaya diri.
4.
Dengan melalui percobaan, siswa mampu
merancang sebuah karya yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya dengan benar dan
pantang menyerah.
5.
Dengan
menyaksikan demonstrasi dan penjelasan guru, siswa mampu membedakan panjang
pendek bunyi dan tinggi-rendah nada dengan menggunakan gerakan tangan dalam
menyanyikan lagu Maju Tak Gentar dengan teknik yang benar.
6.
Dengan
meminta siswa untuk menyanyikan lagu Maju Tak Gentar di depan kelas satu
persatu, diharapkan membuat siswa dapat meningkatkan kepercayaan dirinya.
D.
Materi
Pembelajaran
·
B.Indonesia : Teks bacaan Sultan Hasanuddin halaman
24-25.
·
IPA : Sifat-sifat cahaya.
·
SBdP : Teks lagu Maju Tak Gentar
halaman 28.
E.
Metode
dan Pendekatan Pembelajaran
1.
Metode
: Diskusi kelompok dan tanya jawab.
2.
Pendekatan : Tematik integratif dan
saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
F.
Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
: Kartu domino, lembar kerja siswa.
2.
Alat
: Kardus, mika, senter, cermin atau kaca spion.
3.
Sumber :
Afriki dkk. 2013. Buku
Guru Tema 4 “Pahlawanku”. Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan.
Afriki dkk. 2013. Buku Siswa Tema 4 “Pahlawanku”. Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
membuka pelajaran dengan menyapa siswa
dan menanyakan kabar mereka.
2.
Guru
meminta salah satu siswa untuk memimpin doa sebelum dimulai pembelajaran.
3.
Guru
memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang
akan dilaksanakan.
4.
Siswa
mendengarkan penjelasan dari guru untuk kegiatan yang akan dilakukan hari ini
dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang
sederhana
dan dapat dipahami siswa.
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Siswa
menjawab pertanyaan dari guru?
a.
Tahukah kalian dengan pahlawan
nasional Sultan Hasanudin?
b.
Dari manakah Sultan Hasanudin berasal?
2.
Siswa membaca teks tentang Sultan Hasanuddin yang terdapat pada
buku siswa halaman 24.
3.
Siswa menyimak bacaan
tentang Sultan Hasanuddin.
4.
Guru meminta siswa membuat beberapa kelompok, misal anatara 2-3
siswa dalam satu kelompok.
5.
Siswa diminta untuk mendiskusikan dan mempelajari lebih dalam
tentang perjuangan Sultan Hasanudin kemudian membuat ringkasan singkat dari
teks tersebut.
6.
Setelah
selesai, siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
|
85 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa
mengakhiri kegiatan belajar pada penggalan pertama dengan menyimpulkan
bersama guru apa yang mereka dapat dari perjuangan Sultan Hasanuddin.
2.
Siswa
beristirahat.
|
10 menit
|
Istirahat
Pendahuluan
|
1.
Siswa
mempersiapkan diri untuk melanjutkan pembelajaran.
2.
Guru
bertanya kepada siswa:
·
Tahukah
kalian apa saja sifat-sifat cahaya?
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Mengelompokkan
siswa menjadi 8 kelompok.
2.
Guru
membagikan kartu arisan untuk mendapatkan beberapa partisipan dari siswa
untuk melakukan demonstrasi.
3.
Guru
dan siswa melakukan sekitar 3 kali demonstrasi mengenai sifat-sifat cahaya.
a.
Helm
kardus
Siswa yang terpilih melakukan
percobaan pertama, di minta untuk menggunakan helm kardus. Di mana satu sisi
kardus telah dilubangi dan di tutup menggunakan plastik mika. Selanjutnya,
siswa yang berada di dalam kardus di minta untuk menghidupkan lampu senter
yang disorotkan melalui lubang tadi sebanyak 3 kali. Kemudian siswa di minta
untuk menyorotkan lampu senter tadi dengan muka menghadap salah satu sisi
kardus yang tidak dilubangi. Kemudian guru menjelaskan dengan singkat proses
apa yang terjadi dalam percobaan tadi.
b.
Tiga
lubang ajaib
Siswa yang terpilih untuk
melakukan percobaan kedua, diminta untuk menyorotkan lampu senter di bagian
pertama ujung lubang. Sedangkan untuk siswa yang kedua mengamati di bagian
ketiga ujung lubang. Setelah selesai guru menjelaskan secara singkat proses
yang terjadi tadi.
c.
Cermin
sandi
Ketiga siswa diminta untuk berdiri
membentuk segitiga dengan jarak sekitar 1 meter. Setiap siswa memegang satu
buah cermin. Kemudian guru menyoroti cermin salah satu cermin tadi.
Selanjutnya guru menjelaskan secara singkat proses tadi.
4.
Setelah
selesai melakukan demonstrasi, guru membagi kartu domino kepada setiap
kelompok.
5.
Setiap
kelompok diminta untuk menyusun kartu domino, kemudian meminta mereka untuk
mendiskusikan hasilnya dan menuliskannya pada lembar kerja.
6.
Guru
menyuruh beberapa kelompok untuk mempresentasikan hasil penyusunan kartu
domino.
|
50 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa
dan guru membuat kesimpulan tentang sifat-sifat cahaya.
2.
Guru
memberikan tugas kepada setiap kelompok untuk melakukan pembuktian mengenai
sifat-sifat cahaya dengan menggunakan benda-benda di lingkungan sekitarnya.
3.
Guru
memberi siswa lembar refleksi tentang pembelajaran hari ini.
4.
Siswa
beristirahat.
|
10 menit
|
Istirahat
Pendahuluan
|
1.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang kegiatan pembelajaran yang selanjutnya
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Siswa memperhatikan contoh cara menyanyikan Maju Tak Gentar dengan
gerakan tangan yang tepat.
2.
Guru meminta seluruh siswa menyanyikan lagu Maju Tak Gentar dengan menggunakan tempo yang tepat.
3.
Siswa
bertanya jawab dengan guru apa yang dirasakan dengan lagu tersebut dan nilai
yang terkandung didalamnya.
|
50 menit
|
Penutup
|
1.
Guru
meminta siswa untuk merangkum materi pembelajaran hari ini.
2.
Guru
meminta siswa untuk menuliskan refleksi tentang pembelajaran hari ini.
3.
Siswa
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama.
|
10 menit
|
H.
Penilaian
Kompetensi
yang dinilai
1.
Teknik
Penilaian
a.
Penilaian
sikap spiritual : sikap
tubuh ketika berdoa sebelum aktifitas.
b.
Penilaian
sikap sosial : kerja
sama, teliti.
c.
Penilaian
pengetahuan : memahami materi mengenai sifat-sifat cahaya yang disampaikan melalui percobaan.
d.
Penilaian
keterampilan : kreatif dalam membuat karya mengenai sifat-sifat
cahaya.
2.
Bentuk
Instrumen Sikap
a.
Lembar
penilaian spiritual.
No
|
Nama siswa
|
Berdoa sebelum aktifitas
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Aspek
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Spiritual
|
Sikap tubuh tegak, tangan kanan berada di tangan kiri dan
diletakkan di atas meja atau tangan digenggam. Berdoa secara khusuk tanpa ada gerakan tubuh.
|
Sikap tubuh tegak, tangan kanan berada di tangan kiri dan
diletakkan di atas meja atau tangan digenggam.
|
Hanya sikap tangan tanpa sikap tubuh.
|
Tidak ada sikap berdoa.
|
b.
Lembar
Penilaian sikap sosial
No
|
Nama siswa
|
Penilaian Sikap
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Aspek
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Sikap
|
Mampu bekerjasama di dalam kelompok. Teliti dalam menyusun kartu domino dan
dapat diselesaikan dengan waktu yang singkat.
|
Mampu bekerja sama di dalam kelompok dan sedikit kurang teliti
dalam menyelesaikan tugas.
|
Hanya dapat bekerjasama.
|
Tidak dapat bekerjasama.
|
c.
Lembar
Penilaian isi dan pengetahuan
No
|
Nama siswa
|
Penilaian isi pengetahuan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Aspek
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Isi dan pengetahuan
|
Mampu menjawab pertanyaan di dalam lembar kerja siswa dengan
disertai penjelasan. Mampu menghubungkan penjelasan dengan percobaan dengan
kata-kata yang padat dan jelas.
|
Mampu menjawab pertanyaan di dalam lembar kerja siswa disertai
penjelasan.
|
Mampu menjawab pertanyaan dalam lembar siswa disertai dengan
sedikit penjelasan.
|
Mampu menjawab pertanyaan dalam lembar siswa tanpa disertai
penjelasan.
|
d.
Lembar
penilaian keterampilan
No
|
Nama siswa
|
Penilaian keterampilan
|
||
1
|
2
|
3
|
||
Aspek
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
3
|
2
|
1
|
|
Keterampilan
|
Mampu memanfaatkan barang-barang sekitar dengan sangat kreatif.
|
Mampu memanfaatkan barang-barang sekitar.
|
Kurang mampu memanfaatkan barang-barang sekitar.
|
Yogyakarta,……………...2014
Dosen Pengampu Tim Simulasi
Tri Nur Khasanah
Adiktia
Kurniawati
Sriningsih
Indriani S
Maria Melani Ika
Susanti, S.Pd.,M.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar